Article

5 Teknik Menulis Persuasif Agar Orang Lain Percaya dan Action

Teknik menulis persuasif telah membuktikan dirinya berharga dalam perjalanan sejarah. Mereka telah digunakan untuk menulis pidato untuk kampanye, pemilihan dan banding. Mereka telah digunakan oleh mahasiswa untuk memohon kesempatan kedua, karyawan berharap untuk mendapatkan kenaikan gaji, dan relawan meminta sumbangan yang cukup besar.

Tapi bagaimana dan apakah sulit untuk menguasai metode ini? Secara keseluruhan jujur, teknik menulis persuasif tidak sulit untuk dipelajari. Bacalah terus artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut!
persuasive leadership

1. Selalu Mulai dengan Langkah Kaki Kanan, Hindari Kesalahan!

Jika Anda ingin menulis surat yang efektif dan persuasif, Anda harus tahu (di atas semua) cara menulis dengan benar. Istilahnya 'kaki kanan' yaitu permulaan harus selalu dengan yang benar. Grammar selalu penting dan kesalahan ketik harus selalu dihindarkan.

Hal ini sangat penting jika Anda sedang menulis untuk audiens yang cerdas. Kritik akan selalu ada untuk memberikan pelajaran pada pekerjaan Anda, jadi pastikan itu haruslah sempurna dari awal.

2. Gunakan Kata-kata yang Tepat, Agar Orang Segera Bertindak!

Beberapa kata yang lebih persuasif daripada yang lain. Misalnya, alih-alih menulis, "Adalah penting bahwa kita menyelematkan suaka burung", lebih baik kita harus mengatakan, "Sangat penting bahwa kita menyelematkan suaka burung". Membawa rasa urgensi menggunakan kata-kata yang memiliki bobot badan lebih. Sehingga audiens akan segera tergerak untuk ikut merasakan dengan tindakan ketimbang berpikir-pikir dahulu.

3. Tempatkan Diri Anda pada Posisi Mereka, Apa yang Mereka Butuhkan?

Saat menjadi persuasif dengan teknik menulis, itu adalah kunci yang Anda tulis dengan audiens Anda dalam pikiran. Anda ingin membujuk orang lain untuk bertindak atau berpikir dengan cara tertentu, sehingga fokus artikel Anda pada apa yang paling penting bagi mereka dan bukan apa yang Anda anggap pribadi yang penting.

Jika kebetulan mereka bertepatan (saat yang sama-sama Anda dan mereka anggap penting), maka Anda tidak akan memiliki waktu yang sulit menulis artikel persuasif Anda sama sekali.

4. Buat Alasan Mengapa Orang Harus Ikuti Anda

Orang-orang akan selalu bertanya mengapa. Mengapa kita harus mendengarkan Anda? Mengapa kita harus membeli produk ini? Mengapa Anda harus mendapatkan suara kami? Jangan hanya daftar ke alasan apapun yang dapat Anda pikirkan. Menghilangkan orang-orang yang tidak memiliki banyak makna yang lain.

Masih menggunakan burung yang sebagai contoh yang sama, Anda tidak harus menyoroti alasan "karena kita harus menghormati ibu alam" dalam kampanye. Sebaliknya, sorotlah alasan "karena burung merupakan spesies yang terancam punah" sebagai gantinya. See?

5. Gunakan Referensi Terbaik agar Orang Semakin Percaya

Salah satu teknik menulis persuasif yang paling penting yang harus Anda ingat adalah dengan menggunakan sumber-sumber yang kredibel. Wikipedia misalnya. Meskipun informatif, tetap saja bukan Anda yang terbaik.

Lihatlah ke jurnal akademik dan profesional untuk bantuan atau mewawancarai seseorang yang bersertifikat untuk berbicara tentang kasus Anda. Misalnya, jika Anda masih menulis bahwa artikel suaka burung, jangan masukkan teman terbaik Anda Benny dalam daftar referensi. Cari zoologi dengan reputasi yang baik untuk menguatkan kembali tulisan Anda. Sumber yang dapat dipercaya membuat Anda lebih dapat dipercaya dan kredibel juga.

Dengan teknik-teknik menulis persuasif, Anda yakin untuk melakukannya dengan sangat baik dalam apapun yang Anda ingin menggunakannya untuk tujuan tertentu. Apa lagi yang Anda tunggu? Mulailah menulis! :)

1 comment:

  1. thank you ,, sangat membantu

    ReplyDelete

Saya senang Anda mau berkomentar. Saya pasti usahakan untuk menjawab seluruh komentar yang ada di blog ini. Jadi pastikan Anda benar-benar tulus!! ^_^